Login | Daftar
  Terpopuler  
  Terkini  
Statistik User
    381222
    Pengunjung hari ini : 43
    Total pengunjung : 37984
    Hits hari ini : 1206
    Total Hits : 381222
    Pengunjung Online : 7
Senin, 08 Juli 2013 - 14:31:50 WIB
Menyoal Kebijakan Lelang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Nasional - Dibaca: 18524 kali

 

Menyoal Kebijakan Lelang, Perubahan PMK Jadi Tajuk Utama

Pentingnya sebuah dialog sebelum mengambil keputusan adalah langkah jitu yang diambil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI terkait dengan dunia lelang. Langkah DJKN “duduk bersama” oleh para stakeholders (Balai Lelang dan Pejabat Lelang Kelas II), tentunya merupakan upaya mencari solusi dalam untuk mempermudah pelayanan dengan tetap menjaga kepastian hukum.

Pijakan itulah yang diupayakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan menyelenggarakan “Sosialisasi Kebijakan Lelang” di Gedung Dhanapala, Jakarta (14/5). Adapun tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Membentuk Pejabat Lelang Kelas II dan Balai Lelang yang Profesional untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Lelang Dalam Rangka Pengembangan Lelang Sebagai Sarana Jual Beli.”

Dalam sambutan pembuka, Dirjen DJKN Depkeu RI, Hadiyanto, SH, LLM, menjelaskan, “Senantiasa para Pejabat Lelang Kelas II dan Balai Lelang bersinergi meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam pelayanan lelang untuk mengantisipasi pergerakan ekonomi global, terlebih lagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin pesat membawa peluang yang besar bagi praktisi lelang,” tuturnya.

Dengan telah disusun, imbuh Hadiyanto, Rancangan Undang-Undang Lelang, diharapkan para Pejabat Lelang Kelas II yang tergabung pada Ikatan Pejabat Lelang kelas II Indonesia (IPL2I) dan seluruh Balai Lelang yang tergabung pada Himpunan Balai Lelang Indonesia (Himbali), mendorong Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI atas urgensi Undang-Undang Lelang.

‘Dengan upaya peningkatan performa lelang, Balai Lelang dan Pejabat Lelang diharapkan secara optimal dapat mengembangkan dan meningkatkan lelang, menjaga martabat lelang dan kepercayaan publik akan lelang sehingga upaya memasyarakatkan lelang dapat tercapai dengan menjunjung tinggi semangat dan nilai terdalam organisasi,” harapnya.

Hadiyanto dalam kesempatan itu memberikan penghargaan kepada Balai Lelang dan Pejabat Lelang Kelas II terbaik sebagai wujud apresiasi yang sebesar-besarnya atas kinerja yang dilakukan hingga saat ini.

 Usai sambutan, Dirjen DJKN memberikan piagam penghargaan kepada 3 (tiga) Pejabat Lelang Kelas II dan 3 (tiga) Perusahaan Balai Lelang dianugerahi penghargaan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto atas prestasi mereka di tahun 2012. Mereka adalah Chitra W. Mukhsin dan Jimmy Novianto Suryadi sebagai Pejabat Lelang Kelas II dengan Kualitas Kinerja Baik Tahun 2012, Monang Manurung sebagai Pejabat Lelang Kelas II dengan Tingkat Kepatuhan Terbaik Tahun 2012, PT Triagung Lumintu sebagai Balai Lelang dengan Diversifikasi Obyek Lelang Terbanyak Tahun 2012, PT Balai Lelang Artha sebagai Balai Lelang dengan Sistem Manajemen Mutu Terbaik ISO 9001:2008 dan PT Balai Lelang Astria sebagai Balai Lelang dengan Tingkat Kepatuhan Terbaik Tahun 2012.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan Direktur Lelang Purnama T. Sianturi, SH., terkait Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 45/PMK.06/2013 tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) Bagi Balai Lelang, rencana perubahan PMK No. 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, PMK Nomor 175/PMK.06/2010 tentang Pejabat Lelang Kelas II, dan PMK No. 176/PMK.06/2010 tentang Balai Lelang.

Dalam pemaparannya, Purnama, menuturkan, “Setiap balai lelang wajib melakukan verifikasi dokumen, dapat meminta keterangan kepada pengguna jasa untuk mengetahui kebenaran formal dokumen. Jika terdapat keraguan, Balai Lelang wajib meminta dokumen pendukung yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang kepada pengguna jasa,” ucapnya.

Purnama dalam kesempatan itu juga mengingatkan, “Balai Lelang wajib menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pelaksanaan  PMPJ dan menyampaikan SOP tersebut kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) paling lambat 1 (satu) tahun sejak diberlakukannya PMK No. 45/PMK.06/2013. Balai lelang yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi mulai dari surat peringatan sampai dengan pencabutan izin operasional,” paparnya.

Seakan menjadi magnet tersendiri, rencana perubahan PMK No. 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, PMK Nomor 175/PMK.06/2010 tentang Pejabat Lelang Kelas II, dan PMK No. 176/PMK.06/2010 tentang Balai Lelang, menjadi topik yang disimak secara serius oleh peserta, maklum saja hal itu berkaitan dengan tugas sehari-hari.

Terkait dengan rencana perubahan PMK No. 93/PMK.06/2010 ,INFOLAND mencatat ada beberapa hal yang menjadi perhatian, diantaranya penambahan Pasal 36 ayat 6, “Dalam hal Lelang Eksekusi berdasarkan Pasal 6 UUHT dengan nilai limit paling sedikit Rp. 300 Juta, nilai limit harus ditetapkan penjual berdasarkan hasil penilaian dari penilai. Selain itu juga penambahan pasal 62A, bahwa penjualan objek lelang yang terdiri dari beberapa bidang tanah dan/ atau bangunan hanya dapat ditawarkan dalam 1 (satu) paket jika terletak dalam 1 (satu) hamparan atau bersisian.

Adapun terkait perubahan PMK Nomor 175/PMK.06/2010 yang menjadi sorotan adalah pasal 2 ayat (2) dengan kembalinya masa jabatan menjadi 5 (lima) tahun yang sebelumnya diatur 3 tahun dan selain itu juga Pasal 22 ayat (3) peningkatan upah persepsi menjadi Rp. 2,5 Juta yang sebelumnya Rp. 1 Juta.

Sedangkan rencana perubahan PMK No. 176/PMK.06/2010 yang menjadi sorotan INFOLAND, diantaranya Pasal 33 yang menyebutkan Jangka Waktu Pembekuan izin operasional Balai Lelang menjadi 1 (satu) bulan dan penambahan ayat pada pasal 37, bahwa izin operasional balai lelang dicabut tanpa didahului dengan surat peringatan dan pembekuan izin operasional jika ada permohonan pencabutan izin operasional secara tertulis dari Direksi Balai Lelang, dengan melampirkan akta keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) mengenai pembubaran Balai Lelang. 

 Beberapa materi lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Materi Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah Yang Diperoleh Melalui Lelang yang disampaikan oleh Kepala Bidang Hak Tanah Dan Pendaftaran Tanah Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional DKI Jakarta Andi Tenrisau, SH., M.Hum dan Prosedur Pelaksanaan Verifikasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB) Di Provinsi DKI Jakarta oleh Kepala Bidang Peraturan dan Penyuluhan Pajak Daerah Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta Arief Susilo, SH., M.Si, sebagai moderator Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Lelang Kelas II Indonesia (PP-IPL2I) Sri Rachma Chandrawati, SH. Antusiasme peserta sungguh terasa, ketika pertanyaan dan harapan begitu banyak kepada pemateri. (ANR)

 


Berita Terkait
604 Komentar :

Obat Alternatif Sakit Gigi
23 Juli 2013 - 14:37:36 WIB

sukses selalu ..
Stansted Taxi Company
25 Juli 2013 - 14:50:50 WIB

hell00, admin orang yang kreatif ...., lebih kreatif lagi jika bahan terkini diinput and updated ...thx
Cheese Fondue
27 Juli 2013 - 23:29:25 WIB

bermimpilah akan sesuatu dan jadikanlah mimpimu itu kenyataan,sesungguhnya tak akan ada dunia jika tak ada yang bermimpi..terus semangat kawan semua mari wujudkan semua yang kita impikan..
Dunmow Taxi 2013
01 Agustus 2013 - 10:53:17 WIB

siapa yang brsungguh-sungguh akan memetik hasil darikesungguhannya,lakukan yang terbaik yang bisa kita perbuat,setelahnya berserah diri kepada Tuhan..salam sukses selalu..
Obstructive Sleep Apnea
01 Agustus 2013 - 23:28:27 WIB

Kadang suatu hal kecil yang kita lakukan atau kita katakan berpengaruh besar pada hati seseorang, bisa membahagiakan ataupun menyakitinya.selamat berbagi,semoga kebaikan untuk semua
Obat Alami Batu Empedu
03 Agustus 2013 - 08:51:40 WIB

Web yang sangat menarik untuk disimak http://is.gd/CJDOaP http://is.gd/M3Z9rz
Idol Lash
07 Agustus 2013 - 16:07:46 WIB

Hanya manusia-manusia dengan kekuatan yang besar yang mampu mengucapkan kata MAAF saat melakukan kesalahan, dan memaafkan orang yang bersalah padanya dengan tulus. Minal Aidzin Wal faidzin untuk sobat semua ..
Übernachtung in Düsseldorf
12 Agustus 2013 - 10:22:12 WIB

menikmati pekerjaan yang dilakukan berarti juga menyukai diri sendiri dan itu akan membawamu menuju yang tak sangka sebelumnya..terus smangat,kami tubggu ilmu info terbarunya.
Back Links
13 Agustus 2013 - 23:54:42 WIB

bermimpilah akan sesuatu dan jadikanlah mimpimu itu kenyataan,sesungguhnya tak akan ada dunia jika tak ada yang bermimpi..ay00..!! terus semangat mas br0..wujudkan impian tuk jadi kenyataan..!
Jual CCTV Murah
14 Agustus 2013 - 14:51:19 WIB

mantapp,beritanya sangat informatif,,,terima kasih :)
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | 4 | ... | 61 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pengumuman


Figur